Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2019-2021

Damayanti, Ni Made Dita (2023) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2019-2021. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.4392.FEB-AK_BAB I-II.pdf - Other

Download (315kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.4392.FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep di mana perusahaan mengambil tanggung jawab terhadap dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi dari operasi bisnis mereka. Di Indonesia, CSR telah menjadi bagian penting dalam aktivitas bisnis perusahaan dan dianggap sebagai komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan sosial dan lingkungan. Corporate social responsibility diartikan sebagai tindakan korporasi atau perusahaan besar dalam memberikan tanggung jawabnya berupa materi seperti uang, peralatan, atau hadiah lainnya kepada komunitas, organisasi atau individu di wilayah di mana perusahaan tersebut beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, leverage dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2019-2021. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 perusahaan MANUFAKTUR yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, umur perusahaan berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility sedangkan leverage berpengaruh negatif terhadap Corporate social responsibility dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel lain seperti good corporate governance dalam perusahaan dan diharapkan untuk memperluas lingkup penelitian. Tidak hanya pada sektor manufaktur, namun juga pada perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, consumer goods, sektor dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan perusahaan
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Ukuran Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: ida bagus indra pratama
Date Deposited: 21 Feb 2024 05:50
Last Modified: 21 Feb 2024 05:50
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item
View Item