Pengaruh Bandwagon Effect, Financial Technology dan Literasi Keuangan terhadap Minat Berinvestasi Generasi Z di Bali

Ratihningsih, Ni Kadek Sri (2023) Pengaruh Bandwagon Effect, Financial Technology dan Literasi Keuangan terhadap Minat Berinvestasi Generasi Z di Bali. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.5744.FEB-MAN_BAB I-II.pdf - Other

Download (237kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.5744.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan generasi Z yang memiliki usia dibawah 30 tahun sangat mendominasi kegiatan investasi di pasar modal. Fenomena ini juga sejalan dengan peningkatan jumlah investor pasar modal tiga tahun terakhir dimana sebagian besar jumlah investor rata-rata merupakan generasi Z yang berasal dari rentang usia kurang dari 30 tahun dan belum memiliki tingkat pemahaman literasi keuangan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh bandwagon effect, financial technology dan literasi keuangan terhadap peningkatan minat berinvestasi generasi Z di Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh generasi Z di Bali, sedangkan sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penentuan jumlah sampel dilakukan menggunakan rumus unknown population dikarenakan jumlah populasi awal tidak diketahui secara pasti, sehingga diperoleh total sampel sebesar 100 orang responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban atas pernyataan dari kuesioner yang telah disebarkan kepada responden yang merupakan generasi Z. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa bandwagon effect, financial technology dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan minat berinvestasi generasi Z di Bali. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat menambah variabel lain yang mempengaruhi minat berinvestasi generasi Z di Bali serta jumlah sampel dapat ditambah agar dapat menghasilkan penelitian yang lebih baik di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bandwagon effect, Financial technology, dan Literasi keuangan
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Literasi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: ida bagus indra pratama
Date Deposited: 20 Feb 2024 04:30
Last Modified: 20 Feb 2024 04:30
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5723

Actions (login required)

View Item
View Item