Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Marketing, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Esteh Indonesia di Denpasar

Dewi, Ni Kadek Sri (2024) Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Marketing, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Esteh Indonesia di Denpasar. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.5741.FEB-MAN_BAB I-II.pdf - Other

Download (271kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.5741.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya muncul usaha franchise terutama untuk jenis minuman yang menyebabkan persaingan bisnis semakin ketat. Social media marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan perusahaan, karena dengan menggunakan sosial media dapat lebih mudah untuk memperkenalkan produk atau barang yang ingin dijual melalui iklan dan berbagai promosi yang dilakukan di media sosial dan sekaligus menjadi sarana bagi konsumen untuk mengeluarkan opininya terkait suatu produk atau jasa. Keberhasilan social media marketing dapat didukung dengan konsep influencer marketing. Penggunaan metode ini akan membuat sang influencer berperan sebagai pembeli atau pengguna suatu merek yang mampu merepresentasikan tentang hal-hal positif yang dimiliki merek sehingga dapat meningkatkan tingkat penjualan dari merek produk tersebut. Electronic word of mouth yang baik di media sosial atau internet dapat mempengaruhi emosional, kepercayaan, dan keputusan pembelian kosumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, influencer marketing, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian Esteh Indonesia di Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di kota Denpasar yang pernah melakukan pembelian Esteh Indonesia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa social media marketing, influencer marketing, dan electronic word of mouth berpengaruh posistif dan signifikan tehadap keputusan pembelian Esteh Indonesia di Denpasar. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang belum dikaji terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: social media marketing, influencer marketing, electronic word of mouth, keputusan pembelian
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Keputusan Pembelian
F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: ida bagus indra pratama
Date Deposited: 20 Feb 2024 04:14
Last Modified: 20 Feb 2024 04:14
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5721

Actions (login required)

View Item
View Item