Novyantari, Ni Putu Widya (2024) Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle Dan Self Control Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Tokopedia Di Denpasar. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.5728.FEB-MAN_BAB I-II.pdf - Other
Download (361kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.5728.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan internet dan media sosial yang tinggi telah menyebabkan persaingan yang intens, terutama dalam bisnis online melalui platform e-commerce sebagai tujuan belanja. Impulse buying tidak muncul begitu saja, faktor-faktor yang meningkatkan impulse buying meliputi hedonic shopping motivation, shopping lifestyle, dan self control untuk mencegah impulse buying yang berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh hedonic shopping motivation, shopping lifestyle, dan self control terhadap impulse buying pada pengguna e-commerce Tokopedia di Denpasar. Populasi penelitian ini terdiri dari pengguna e-commerce Tokopedia yang melakukan pembelian impulsif, yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel penelitian ini melibatkan 112 responden, menggunakan metode pengambilan sampel nonprobabilitas dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dan mengolahnya menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belanja hedonis dan gaya hidup berbelanja memiliki dampak positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, sementara kontrol diri secara signifikan berdampak negatif terhadap pembelian impulsif di kalangan pengguna e-commerce Tokopedia di Denpasar. Diharapkan peneliti di masa depan tidak hanya terbatas pada variabel-variabel dalam studi ini, tetapi juga mempertimbangkan penambahan variabel lain yang mungkin memengaruhi pembelian impulsif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Self Control, Impulse Buying |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Keputusan Pembelian F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > E-commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 03:15 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 03:15 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5710 |