PITRIANI, NI KADEK ELIS (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-2022. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.4365 FEB-AK (2).pdf - Other
Download (381kB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.4365 FEB-AK (1).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (927kB)
Abstract
Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) merupakan proseskomunikasi mengenai dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi suatuorganisasi atau perusahaan terhadap kelompok khusus yang berkepentingan danterhadap masyarakat secara keseluruhan. Pengungkapan corporate socialresponsibility menjadi penting bagi para stakeholder untuk melihat apakahperusahaan telah bertanggung jawab atas dampak negatif yang timbul dariaktivitasnya. Perusahaan yang telah melaksanakan tanggung jawab sosial akanlebih baik secara keseluruhan dibandingkan dengan perusahaan yang tidakmelaksanakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh buktiempiris dari ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, danpertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility(CSR) di perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode2020-2022.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Perbankan yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022 yang berjumlah 47 perusahaan.Sampel yang digunakan sebanyak 41 perusahaan yang lolos kriteria, maka totalperusahaan selama 3 periode sebanyak 123 sampel. Penelitian ini menggunakanmetode purposive sampling dengan teknik analisis yang digunakan yaitu teknikanalisis linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, leverage,dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapancorporate social responsibility (CSR). Hasil penelitian pada variabel umurperusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporatesocial responsibility (CSR). Penelitian selanjutnya diharapkan dapatmengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain lain sepertimodal kerja, dewan komisaris, likuiditas, kinerja lingkungan, dan variabel lain yangsecara teori mempunyai pengaruh terhadap pengungkapan corporate socialresponsibility (CSR).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R.127 FEB-AK / 2023 |
Uncontrolled Keywords: | Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | dewa adhi satriawan |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 06:00 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 06:00 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5674 |