Widiastuti, Ida Ayu Made Sri and Sawitri, Ni Luh Putu Dian and Widhiasih, Luh Ketut Sri (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-PACED LEARNING, MASTERY LEARNING, APPLYING, REINFORCING, TRANSFERRING (SMART) UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. (Unpublished)
![[thumbnail of Laporan-Akhir-SMART.pdf]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan-Akhir-SMART.pdf
Download (1MB)
Abstract
Belajar mandiri berarti belajar secara berinisiatif, dengan ataupun tanpa bantuan orang lain, dalam belajar. Belajar mandiri juga dikenal dengan istilah self regulated learning. Self regulated learning adalah sebuah situasi belajar dimana siswa memiliki kontrol terhadap proses pembelajaran tersebut melalui pengetahuan dan penerapan strategi yang sesuai, pemahaman terhadap tugas-tugasnya, penguatan dalam pengambilan keputusan dan motivasi belajar. Pandemi Covid 19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 memaksa semua siswa dapat belajar secara mandiri dari rumah. Siswa tidak siap dalam menghadapi situasi belajar secara mandiri. Mereka yang terbiasa belajar secara tatap muka langsung mengalami kendala yang besar dalam melaksanakan pembelajaran mandiri di rumah. Materi pelajaran tidak dapat dipahami dengan baik dan tujuan pembelajaran tidak dapat dicapai secara maksimal. Melihat fenomena tersebut maka perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa secara mandiri. Sejalan dengan Rencana Strategis Penelitian Unmas Denpasar 2021 – 2025 yaitu pertumbuhan dan pengembangan inovasi teknologi dan pendidikan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar serta memecahkan permasalahan pembelajaran yang dihadapi. Pada Penelitian ini bahasan yang akan dilakukan yaitu merancang model pembelajaran Self-Paced Learning, Mastery learning, Applying, Reinforcing, Transfering Knowledge (SMART Learning Model) dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa. Model pengembangan ADDIE akan digunakan untuk mengembangkan model pembelajaran SMART ini. Penelitian difokuskan pada pengembangan model pembelajaran SMART yaitu dengan menginvestigasi permasalahan belajar yang dialami siswa, menentukan tujuan dan fokus pembelajaran serta teknik pembelajaran yang disiapkan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sebagai sebuah model pembelajaran yang inovatif. Dua orang mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan penelitian ini untuk mendapatkan luaran penelitian berupa tugas akhir mahasiswa. Target luaran dari penelitian dasar ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran SMART yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa serta meningkatkan produktivitas publikasi hasil riset berupa jurnal Internasional Bereputasi. Luaran lainnya adalah HaKI dengan TKT tingkat 3 (tiga)
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | Laporan Akhir-SMART |
Uncontrolled Keywords: | SMART, mandiri belajar, model pembelajaran |
Subjects: | G Education (Pendidikan) > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 04:43 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 04:43 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5483 |