TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP FASILITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KIMIA FARMA BATUBULAN

WULANDARI, NI KOMANG SRI (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP FASILITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KIMIA FARMA BATUBULAN. Diploma thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
171081.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang dulunya berorientasi pada penyediaan obat kepada pasien pada saat ini telah bergeser menjadi pelayan kefarmasian (pharmatichal care). Perubahan orientasi tersebut, menuntuk apoteker untuk mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan mengubah prilaku agardapat melakukan interaksi langsung dengan pasien. Kepuasan adalah perasaan senang atau tidak seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesenangan terhadap aktifitas dan suatu produk dengan harapannya, faktor-faktor yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien adalah unsur tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan kefarmasian terhadap lima dimensi. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian deskriptif.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang menggunakan fasilitas pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Batu Bulan.Sampel pada penelitian ini berjumlah 80 orang dengan metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian tentang kepuasan pasien di Apotek Kimia Farma Batu Bulan menunjukkan bahwa, presentase tingkat kepuasan pasien terhadap indicator tangible sebesar 76%, reliability sebesar78%,responsiveness ssebesar72%, assurance sebesar 76%,emphaty sebesar 76%. Dengan rata – rata tingkat kepuasan pasien yang diukur dengan lima indikator di dapat nilai sebesar 75,6% yang menunjukkan bahwa pasien merasa puas dengan pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh Apotek Kimia Farma Batu Bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: R/336/FF-D3/2021
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty
Subjects: F. FARMASI > Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Diploma Tiga Farmasi
Depositing User: kadek ganda rini
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:49
Last Modified: 29 Jan 2024 02:49
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item
View Item