PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, KEWAJIBAN MORAL, SANKSI PERPAJAKAN, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BADUNG SELATAN

Putri, Ni Made Dwi Rahayu (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, KEWAJIBAN MORAL, SANKSI PERPAJAKAN, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BADUNG SELATAN. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.4341.FEB-AK_BAB 1 BAB 2.pdf - Other

Download (3MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.4341.FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Pajak merupakan iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undangundang yang dapat dipaksakan dengan tidak mendapat jasa timbal balik
(kontraprestasi) yang langsung dapat ditujukan, dan yang dapat digunakan untuk
membayar pengeluaran umum. Kesadaran dan kepatuhan wajib pajak merupakan
faktor penting bagi peningkatan penerimaan pajak yang harus ditumbuhkan
secara terus menerus. Ketidakpatuhan secara bersama akan menimbulkan upaya
penghindaran pajak, sehingga dapat mengakibatkan berkurangnya penyetoran
dana pajak ke kas negara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh
bukti empiris pengaruh kualitas pelayanan pajak, kewajiban moral, sanksi
perpajakan, pengetahuan perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap
kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Badung Selatan.
Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori kepatuhan, populasi
pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP
Pratama Badung Selatan yang berjumlah 80.439 wajib pajak dan menggunakan
sampel sebanyak 100 orang responden yang ditentukan melalui metode incidental
sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik
analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kewajiban moral, sanksi
perpajakan, pengetahuan perpajakan, dan kesadaran wajib pajak berpengaruh
positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Badung
Selatan, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan
wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Badung Selatan. Penelitian selanjutnya
diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel
lain yang secara teori dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/4341/FEB-AK/2023
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi perpajakan, pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak orang pribadi
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: bagus dwi
Date Deposited: 12 Jan 2024 05:42
Last Modified: 12 Jan 2024 05:42
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5258

Actions (login required)

View Item
View Item