DEWI, NI WAYAN EKA RUSMALA (2023) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT KASIH IBU TABANAN. Diploma thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2209484010121.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Kepuasan pasien adalah tingkat kepuasan yang dialami pasien setelah menggunakan layanan. Oleh karena itu dari sudut pandang pasien terkadang mencerminkan adanya kesenjangan antara layanan yang diharapkan dan pengalaman memperoleh layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di rumah sakit serta mengetahui hubungan knowledge gap antara harapan dan kenyataan (persepsi) kepuasan pelayanan farmasi di rumah sakit.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan tingkat kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Kasih Ibu Tabanan. Metode pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melakukan tahapan Penyuntingan Data (Editing), Pengkodean (Coding), Memasukkan Data (Data Entry), Cleaning dan Tabulasi (Tabulating). Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi skor knowledge gap berdasarkan analisis item by item dan dimension by dimension, mengidentifikasi kepuasan pasien berdasarkan item by item dan dimension by dimension. Skor bernilai negatif menandakan adanya ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan (persepsi) penilaian pasien. Kemudian skor berdasarkan analisis item by item dari knowledge gap masing-masing dihubungan dengan rata-rata kepuasan.
Tingkat persepsi dan harapan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Kasih Ibu Tabanan: Bukti Langsung (Tangible) sebesar (-0,76), Keandalan (Reliable) (-0,95), Daya Tangkap (Responsiveness) (-0,88), Empati (Empathy) yaitu (-0,87) dan Kepastian (Assurance) adalah (-0,81). Rata-rata skor kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan di Rumah Sakit Kasih Ibu Tabanan termasuk dalam kategori puas, yaitu sebesar 3,44. Hubungan Knowledge Gap antara harapan dan kenyataan (persepsi) menunjukkan bahwa berdasarkan analisis dimension by dimension diketahui semua hasil gap memiliki nilai negatif dengan rata-rata gap (-0.85).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | R/679/FF-D3/2023 |
Uncontrolled Keywords: | kasih ibu tabanan, kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian |
Subjects: | F. FARMASI > Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Diploma Tiga Farmasi |
Depositing User: | kadek ganda rini |
Date Deposited: | 23 Dec 2023 03:50 |
Last Modified: | 23 Dec 2023 03:50 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5096 |