YASA, I MADE ASTU ANDHI (2023) GAMBARAN KUALITAS KOMUNIKASI TENAGA KEFARMASIAN KEPADA PASIEN DALAM PELAYANAN NONRESEP DI APOTEK KITA SIDHIKARYA TABANAN. Diploma thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2009484010012.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Komunikasi merupakan suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Komunikasi didalam dunia kesehatan memiliki hubungan pribadi yang baik antara tenaga kesehatan dengan pasien. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kualitas komunikasi tenaga kefarmasian kepada pasien dalam pelayanan nonresep di Apotek Kita Sidhikarya.
Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Data penelitian disajikan dalam bentuk tabel dengan menggambarkan karakteristik responden dan kualitas komunikasi tenaga kefarmasian pada pelayanan nonresep.
Pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari clarity, humble, audible, emphaty, dan respect. Pada dimensi masing-masing skor untuk 5 dimensi adalah clarity dengan skor 79% dengan kategori (baik). Pada dimensi humble dengan skor 80% dengan kategori (baik). Pada dimensi audible dengan skor 80% dengan kategori (baik). Pada dimensi empathy dengan skor 78% dengan kategori (baik). Pada kategori respect memperoleh skor 80% dengan kategori (baik). Dari hasil semua dimensi tersebut didapatkan rata-rata 79% berada pada kategori kualitas komunikasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | R/595/FF-D3/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Apotek, Tenaga kefarmasian, Kualitas komunikasi |
Subjects: | F. FARMASI > Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Diploma Tiga Farmasi |
Depositing User: | kadek ganda rini |
Date Deposited: | 23 Dec 2023 02:13 |
Last Modified: | 23 Dec 2023 02:13 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5084 |