Saputra, I Made Doni (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.1743.FH_ABSTRAK.pdf - Other
Download (296kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.1743.FH_BAB I.pdf - Other
Download (1MB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.1743.FH.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh PDAM kepada konsumen selaku pemakai barang dan jasa akibat terbatasnya penyediaan air bersih. Untuk mengetahui bagaimanakah tanggung jawab Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam mengatasi kerugian yang dialami konsumen terhadap dampak yang timbul akibat terbatasnya penyediaan air bersih. Metode penelitian yang digunakan adalah Hukum empiris. Dalam penelitian ini menggunakan data primer, data sekunder, dan data tersier. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologis hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen merupakan landasan hukum paling pertama dan utama dalam penyelesaian permasalahan dan kasus-kasus tentang konsumen yang menderita kerugian akibat pelaku usaha yang kurang menyadari hak dan kewajiban mereka di dalam menjalankan usahanya. Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan tersebut, PDAM wajib bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami oleh konsumen/pelanggannya, yaitu dengan memberikan ganti kerugian dengan melakukan perbaikan terhadap kerusakan-kerusakan terhadap jaringan perpipaan yang dikelola PDAM Kota Denpasar yang telah mengakibatkan kerugian bagi pihak konsumen/ pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/1743/FH/2023 |
Uncontrolled Keywords: | perlindungan hukum kepada konsumen, tanggung jawab yang diberikan PDAM kota Denpasar, Upaya peningkatan pelayanan kepada konsumen. |
Subjects: | F. HUKUM (Law) > Perlindungan Hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > Sarjana Hukum |
Depositing User: | bagus dwi jaya kesuma |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 03:57 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 03:57 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5049 |