STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK ORGANIK DI RESTORAN BALI BUDA

Garu, Teodorus (2023) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK ORGANIK DI RESTORAN BALI BUDA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.362.FBA-AGR_ABSTRAK.pdf - Other

Download (208kB)
[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.362.FBA-AGR_BAB I & II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.362.FBA-AGR.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Bali Buda merupakan salah satu restoran/tempat santap makanan sehat dan menjual berbagai jenis produk,baik itu produk organik olahan yang maupun produk organik segar. Produk organik olahan seperti bumbu organik (kunyit, pala, lada, merica), makanan, jus papaya organik, jus kunyit organik, jus strawberry organik, beras organik, kacang hijau, kacang tanah. Tujuan untuk mengetahui faktor internal dan ekternal dalam bauran pemasaran produk organik di Restoran Bali Buda dan untuk mengetahui strategi alternatif bauran pemasaran produk organik di Restoran Bali Buda. Lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah responden 30 orang yang terdiri dari 3 orang sampel internal dan 27 orang sampel eksternal. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa identifikasi faktor strategis internal yang menjadi kekuatan utama dalam Strategi Bauran Pemasaran produk organik di Restoran Bali Buda adalah memiliki legalitas dan sertifikat yang ditandai dengan nilai skor 0,340, faktor kelemahan utama adalah jaringan pemasaran masih terbatas dengan skor 0,197. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi peluang utama adalah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat dengan nilai skor 0,270, faktor yang menjadi ancaman adalah meningkatnya persaingan bisnis produk organik karena bahan baku tidak stabil dengan nilai skor 0,218. Posisi strategi dalam pemasaran produk organic berada pada kuadran I artinya strategi yang dapat digunakan pada kuadran ini adalah bertumbuh dan membangun, mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growt oriented strategy) dengan alternative strategi yang digunakan yaitu memperbanyak stok produk organik secara kontinu, memperluas jaringan pemasaran produk organik, meningkatkan strategi promosi secara digital, meningkatkan kualitas SDM dalam pengelolaan produk organik, meningkatkan daya saing produk organik dengan kualitas yang optimal, kontinulitas label organik dan produk aman untuk dikonsumsi, memperluas pasar global ekspor dan impor, peran pemerintah dalam mendukung iklim investasi yang kondusif

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.362.FBA-AGR/2023
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, produk organik
Subjects: F. PERTANIAN DAN BISNIS > Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Bisnis > Agribisnis
Depositing User: bagus dwi jaya kesuma
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:30
Last Modified: 13 Dec 2023 03:30
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4885

Actions (login required)

View Item
View Item