KESESUAIAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DI APOTEK MERDEKA BERDASARKAN PERMENKES NO.73 TAHUN 2016

SANTIKA, ANAK AGUNG SAGUNG JAMBE DEWI (2023) KESESUAIAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DI APOTEK MERDEKA BERDASARKAN PERMENKES NO.73 TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2209484010087.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lama waktu tunggu pelayanan resep merupakan Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian di Apotek yang dapat mencerminkan suatu proses kerja dari tenaga farmasi dalam melakukan pelayanan resep. Tujuan yang dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui kesesuaian waktu pelayanan resep di Apotek Merdeka terhadap Peraturan Menteri Kesehatan No.73 Tahun 2016 mengenai waktu tunggu.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian non-eksperimental dengan pengambilan data secara retrospektif menggunakan data sekunder yaitu lembar observasi waktu tunggu pelayanan resep pada bulan Oktober 2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan simple random sampling dan didapatkan sampel sejumlah 258 sampel yang terdiri dari 129 resep non racikan dan 129 resep racikan. Data selanjutnya dianalisis menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji beda One sample t-test dengan software SPSS versi 26.
Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep di Apotek Merdeka untuk resep non racikan adalah 5,43 menit dan rata-rata waktu tunggu untuk resep racikan adalah 12,64 menit. Hasil uji parametrik menggunakan teknik statistik One sample t-test didapatkan nilai signifikan 0,000 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan siginfikan waktu tunggu pelayan resep di Apotek Merdeka dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.73 Tahun 2016. Dapat diartikan bahwa waktu tunggu pelayan resep di Apotek Merdeka telah sesuai dengan Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek yaitu tidak melebihi antara 15-30 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: R/575/FF-D3/2023
Uncontrolled Keywords: Indikator Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian, Standar Pelayanan Kefarmasian, Waktu tunggu pelayanan resep
Subjects: F. FARMASI > Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Diploma Tiga Farmasi
Depositing User: kadek ganda rini
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:03
Last Modified: 01 Dec 2023 03:03
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4751

Actions (login required)

View Item
View Item