DEWI, AYU PUTU SAPUTRI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK TANGKAS MEDIKA GLOGOR CARIK. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1909482010082.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Kualitas pelayanan seperti yang dirasakan oleh para konsumen, berasal dari suatu perbandingan antara apa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan pelayanan yaitu harapan dan dengan persepsi mereka tentang kinerja pemberi jasa. Ada 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu : Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Tanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati) (Samapta, 2020).
Apotek Tangkas Medika Glogor Carik telah melakukan kuisoner kepuasan konsumen tetapi hanya sebatas puas dan kurang puas dengan range berkisar 80%- 90% puas. Sedangkan menurut Irawan (2005) ada 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu : Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Tanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati) sehingga penulis ingin meneliti lebih lanjut dimensi manakah yang menurut konsumen merasakan puas dan kurang puas dan faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan tersebut. Berdasarkan latar belakang dan masalah-masalah yang di sebutkan di atas, maka penulis bermaksud melakukan penelitian dengan judul: “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pealayan Kefarmasian di Apotek Tangkas Medika Glogor Carik”.
Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan pada Apotek Tangkas Medika Gkogor Carik dan mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan dengan faktor yang mempengaruhi yaitu (umur, jenis kelamin, pendidikan terakhir, lama berlangganan, pendapatan, rata-rata nominal belanja).
Analisa data pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, untuk menentukan karakteristik responden serta tingkat kepuasan pasien. Hasilnya ditampilkan dalam bentuk tabel dan persentase.
Tingkat kepuasan pasien pada pelayanan farmasi pada Apotek Tangkas Medika Glogor Carik memiliki interpretasi nilai kepuasan yang cukup berdasarkan kelima dimensi salah satunya yang memiliki nilai persentase teringgi adalah Reliability (61.92). Terdapat hubungan yang signifikan secara statistik pada karakteristik responden jenis kelamin 0,014 (P<0,05), umur 0,000 (P<0,05) sedangkan pada karakteristik responden pendidikan terakhir 1000 (P>0,05), pekerjaan 0,574 (P>0,05), pendapatan 0,552 (P>0,05), lama berlangganan 0,194 (P>0,05)dan rata-rata nominal belanja 0,974 (P>0,05) menurut uji Kolmogorov�Smirnov variabel-variabel tersebut tidak mempengaruhi kepuasan konsumen di Apotek Tangkas Medik Glogor Carik. Carik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/70/FF-S1/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kepuasan, Faktor-Faktor Pengaruh, Pelayanan Kefarmasian |
Subjects: | F. FARMASI > Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Sarjana Farmasi |
Depositing User: | kadek ganda rini |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 01:27 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 01:27 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4386 |