ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN DUPA PADA UMKM DUPA HERBAL SUPUTRA DI DESA ANGANTAKA, KECAMATAN ABIANSEMAL, KABUPATEN BADUNG

JORO, FRUMENSIUS DAKOSTA (2022) ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN DUPA PADA UMKM DUPA HERBAL SUPUTRA DI DESA ANGANTAKA, KECAMATAN ABIANSEMAL, KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
354.FPB-AGB-7-8.pdf - Other

Download (177kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
354.FPB-AGB-18-33.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
354.FPB-AGB.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pemasaran merupakan aspek yangsangat penting dalam sistem agribisnis. Jika mekanisme pemasaran berjalan baik, maka semua pihak yang terlibat akan diuntungkan. Proses pemasaran harusberlangsungefisien, untuk mengukur prestasi kerja dari proses pemasaran digunakan efisiensi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluranpemasarandupaherbal pada UMKMDupa Herbal Suputra di desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badungdan untuk mengetahui marjin pemasaran dupa herbal pada UMKM Dupa Herbal Suputra di desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Lokasi dalam penelitian ini dilaksanakan di UMKM Dupa Herbal Suputra Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung, dengan waktu penelitian dilaksnakan selama 2 bulan mulai dari bulan November sampai dengan bulan Desember. Instrument penelitian yangdigunakan adalah wawancara dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola saluran pemasaran Dupa Herbal Suputra terdapat tiga saluran pemasaran. Saluran pertama yaitu saluran pemasaran satu tingkat (produsen-konsumen), saluran kedua yaitu saluran pemasaran dua tingkat (produsen-pedagan pengecer-konsumen) dan saluran ketiga ayaitu saluran pemasaran tiga tingkat (produsen-pedagang pengempul-pedagang pengecer-konsumen). Margin pemasaran dupa Hebal Suputra yaitu pada saluran pemasran I tidak terdapat margin pemasaran yang terlibat, saluran pemasaran ke II dengan margin sebesar Rp 3.000 dan margin saluran pemasaran ke III sebesar Rp 5.000.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/354/FPB-AGB/2022
Uncontrolled Keywords: saluran dan margin pemasaran
Subjects: F. PERTANIAN DAN BISNIS > Agricultural Industries
Divisions: Fakultas Pertanian dan Bisnis > Agribisnis
Depositing User: kadek ganda rini
Date Deposited: 17 Oct 2023 05:24
Last Modified: 17 Oct 2023 05:24
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4273

Actions (login required)

View Item
View Item