SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) TREN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

BELLA, NI KADEK SINTA (2023) SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) TREN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
209.FKIP-BIO-16.pdf - Other

Download (89kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
209.FKIP-BIO-17-32.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
209.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Systematic literature review (SLR) tren blended learning dalam pembelajaran biologi, penelitian ini merupakan penelitian literature review yang bertujuan untuk mengetahui tren blended learning dalam pembelajaran biologi dengan menganalisis jurnal, artikel dan prosiding yang mengkaji tentang blended learning dalam pembelajaran biologi, variabel yang dikaji, metode yang digunakan, dan hasil dari penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelusuran pada portal Springer, SINTA, Iop Science, dan Google Scholar, dengan memasukkan kata kunci “blended learning in biology education”. Hasil pencarian diperoleh dengan total keseluruhan sebanyak 328 artikel yang selanjutnya diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan; artikel yang lolos seleksi dan akan di tabulasikan sebanyak 25. Hasil tabulasi menunjukkan blended learning dalam pembelajaran biologi paling banyak dikaji pada jurnal “Journal of Physics” terindeks scopus (Q4) yaitu sebanyak 6 artikel; variabel yang paling banyak dikaji dalam artikel yaitu variabel bebasnya kolaborasi anatara model blended larning dengan model pembelajaran lainnya sedangakan variabel terikat yang paling banyak dikaji adalah peningkatan kemampuan ataupun pengetahuan; metodelogi yang paling banyak digunakan dalam penelitian adalah eksperimen semu; dan hasil penelitian dari artikel menyimpulkan bahwa blended learning meningkatkan kemampuan siswa, respon siswa terhadap pembelajaran, keefektifan pembelajaran, motivasi faktual, konseptual dan metakognitif, bahkan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/209/FKIP-BIO/2023
Uncontrolled Keywords: blended learning, e-learning, pembelajaran biologi
Subjects: G Science (Sains) > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: kadek ganda rini
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:29
Last Modified: 17 Oct 2023 03:29
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item
View Item