Zainulloh, Zainulloh and Atmaja, I Made Dharma and Payadnya, I Putu Ade Andre (2022) Penerapan E-Worksheet Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Tentang Peluang di SMP Negeri 5 Denpasar. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 2 (2): 15. pp. 148-162. ISSN 2797-9547
![[thumbnail of Hasil Similarity]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sim-Andre-17.pdf - Other
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pada materi peluang dengan media E-Worksheet, (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar matematika siswa pada materi peluang dengan media E-Worksheet, (3) Untuk mengetahui peningkatan dan perkembangan setiap siklus pembelajaran di kelas dengan media E-Worksheet. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada pra-siklus diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa 72,8, ketuntasan belajar siswa 54%, dan daya serap 72,8%, pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa 77,2, ketuntasan belajar 67,5%, dan daya serap 77,2%, kemudian pada siklus II diperoleh hasil skor rata-rata nilai hasil belajar siswa 93,7, ketuntasan belajar 91,8% dan daya serap sebesar 93,7%. Berdasarkan hasil pada siklus II maka penelitian diberhentikan sampai dengan siklus II karena telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetpakan oleh sekolah yakni sebesar rata-rata hasil belajar siswa ≥77, ketuntasan belajar ≥85% dan daya serap ≥75%.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Sim-Andre-17 |
Uncontrolled Keywords: | E-Worksheet, Aktivitas, Prestasi, Belajar, Peluang |
Subjects: | G Science (Sains) > QA Mathematics |
Depositing User: | kadek ganda rini |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 02:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 02:19 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4256 |