Analisis Pemahaman Siswa Dalam Memecahkan Permasalahan Etnomatematika Dari Sudut Pandang Three Read Protocol

Payadnya, I Putu Ade Andre and Jayantika, I Gusti Agung Ngurah Trisna and Puspadewi, Kadek Rahayu (2021) Analisis Pemahaman Siswa Dalam Memecahkan Permasalahan Etnomatematika Dari Sudut Pandang Three Read Protocol. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11 (2): 10. pp. 366-375. ISSN 2622-8688

[thumbnail of Hasil Similarity] Text (Hasil Similarity)
Sim-Andre-10.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Bukti Korespondensi] Text (Bukti Korespondensi)
BK-Andre-10.pdf - Other

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahamansiswa dalam memecahkan masalah etnomatematika dari sudut pandang Three Reading Protocol pada materi bangun datar. Permasalahan etnomathematika adalah permasalahan matematika yang dipraktikkan oleh kelompok budaya, seperti masyarakat perkotaan dan pedesaan, kelompok buruh, anak-anak darikelompok usia tertentu, masyarakat adat, dan lainnya. Desain penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Subjekpenelitian adalah 46 siswa SMP Widiatmika pada tahun akademik 2020/2021. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap berikut: reduksidata, presentasi data, serta penarikankesimpulanatauverifikasi.Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam memahamimasalah etnomathematika dari sudut pandang Three Read Protocolmasih kurang dengan persentase43,47%. Siswa tidak mampu mengikuti First Readingdimana siswa harus memahami situasi yang diberikan serta mampu mendeskripsikan situasi yang diberikan. Selain itu, siswa juga kurang dalam Second Readingyang mana mengharuskan siswa mampu memperoleh informasi berupa bilangan dan kuantitas dari situasi yang diberikan sehingga siswa melakukan kesalahan perhitungan dalam penyelesaian masalah. Aran yang dapat diberikan adalah hendaknya eorang guru menyusun pembelajaran yang lebih berorientasi pada pemahaman permasalahan matematika.

Item Type: Article
Additional Information: Sim-Andre-10
Uncontrolled Keywords: Analisis Pemahaman Siswa, Etnomatematika, Three Read Protocol
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics
Depositing User: kadek ganda rini
Date Deposited: 14 Oct 2023 01:36
Last Modified: 14 Oct 2023 01:36
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item
View Item