PUTRA, PUTU AGUS DARMA (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 7 DENPASAR MELALUI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
95.FKIP-BIO-7.pdf - Other
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I dan II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
95.FKIP-BIO-18-43.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
95.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
Abstract
Model pembelajaran Creative Problem Solving atau yang dapat disingkat CPS merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa. Selain itu model pembelajaran CPS dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran biologi sehingga siswa dapat memperoleh manfaat yang maksimal baik dari proses maupun hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 7 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media komik biologi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan Pre-test and Post-test Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2014/2015. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas Eksperimen dan siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan rubrik kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan rubrik kemampuan berpikir kreatif dalam pembuatan media komik biologi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji Mann Whitney U-test. Hasil penelitian secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan komik biologi berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa dengan taraf signifikansi (p=0,000<0,05)..
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/95/FKIP-BIO/2015 |
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, Media komik biologi, Kemampuan pemecahan masalah, Kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | G Science (Sains) > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 02:31 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:47 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/423 |