DARMAYANTI, NI KADEK ARIK (2023) ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KEWAJIBAN MORAL, KESADARAN MEMBAYAR PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA DENPASAR TIMUR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_Ni Kadek Arik Darmayanti_watermark-7.pdf - Other
Download (178kB)
![[thumbnail of Bab I & II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_Ni Kadek Arik Darmayanti_watermark-15-66.pdf - Other
Download (4MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_Ni Kadek Arik Darmayanti_watermark.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (16MB)
Abstract
Indonesia sebagai negara berkembang memiliki berbagai macam potensi dan upaya untuk menjadi negara yang lebih maju. Salah satu sumber penerimaan yang berpotensi menambah penerimaan negara adalah penerimaan pajak. Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta Wajib Pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Kepatuhan wajib pajak merupakan hal yang penting bagi peningkatan penerimaan pajak. Semakin tinggi tingkat kepatuhan wajib pajak, semakin tinggi pula tingkat keberhasilan penerimaan pajak dan akan mengakibatkan tingginya keberhasilan perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai Pengetahuan Perpajakan, Kewajiban Moral, Kesadaran Membayar Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Teori yang melandasi pada penelitian ini adalah Teori Kepatuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur tahun sebanyak 56.250 Wajib Pajak dan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan melalui metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, kewajiban moral, kesadaran membayar pajak, dan sanksi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Denpasar Timur. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Denpasar Timur. Bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian di bidang yang sama dapat menambahkan variabel lain yang berpengaruh serta relevan dengan faktorfaktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak yang belum dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/4129/FEB-AK/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan Perpajakan, Kewajiban Moral, Kesadaran Membayar Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan dan Kepatuhan Wajib Pajak |
Subjects: | F. FARMASI > Dentistry |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | indah indriyani |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 02:14 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 02:14 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4183 |