HARSI, ADRIANUS (2023) ANALISIS KEBUTUHAN PERENCANAAN FASILITAS PENYEBERANGAN BAGI PEJALAN KAKI (Studi Kasus: Ruas Jalan Hayam Wuruk Depan Kampus Elizabet Denpasar). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.322 FT ABSTRAK.pdf - Other
Download (327kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.322 FT BAB I-II.pdf - Other
Download (4MB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.322 FT.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Pada ruas jalan Hayam Wuruk Kabupaten Denpasar Timur yaitu pada titik ruas jalan Hayam Wuruk di depan Kampus Elizabet denpasar, pejalan kaki mengalami kesulitan menyeberang melintas di ruas jalan tersebut, pada sembarang tempat yang tidak mempunyai fasilitas penyeberangan. Di tambah lagi ruas jalan tersebut melayani akses lalu lintas yang melayani berbagai jenis kendaraan. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fasilitas penyeberangan pejalan kaki yang sesuai standar yang telah ditentukan. Tiga ketentuan dalam penentuan fasilitas penyeberangan pejalan kaki yaitu menggunakan rumus empiris, kategori kecepatan kendaraan, dan kriteria berdasarkan klasifikasi jalan. Data yang diambil meliputi data volume penyeberangan jalan sepanjang 100 meter, volume kendaraan, dan kecepatan kendaraan panjang segmen survei 50 m. Kriteria analisis menurut rumus empiris (PV²) menghitung PV² terdiri dari penyeberang pejalan kaki ( P) dan volume kendaraan (V) dan dicocokan dengan peraturan yang berlaku. Dari hasil analisis volume penyeberangan pejalan kaki(P) terbesar adalah 118 orang/jam > 50 orang/jam dan volume kendaraan yang terjadi adalah 3185 kend/jam > 750 kend/jam serta PV² >2 x 108 dengan niali PV² yang terjadi adalah 517.355.475. Berdasarkan peraturan yang berlaku penyeberangan pejalan kaki menurut kategori rumus empiris adalah pelican croos ditambah dengan lapak tunggu. Kriteria berdasarkan kecepatan kendaraan, berdasarkan analisis kecepatan tertenggi rata-rata adalah 60,86 km/jam. Dari peraturan yang berlaku untuk kecepatan kendaraan > 40 km/jam penyeberangan yang sesuai adalah pelican croos. Berdasarkan klasifikasi jalan, untuk jenis jalan Hayam Wuruk adalah 2/2TT aturan yang untuk fasilitas penyeberangan pejalan kaki adalah penyeberangan sebidang hanya ditambahkan dengan marka dan rambu. Kesimpulan untuk pemasangan fasilitas penyeberangan pejalan kaki di jalan Hayam Wuruk adalah penyeberangan pelican croos ditambahkan rambu dan marka
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R.322 FT / 2023 |
Uncontrolled Keywords: | Lalu Lintas, Fasilitas Penyeberangan, Pejalan Kaki |
Subjects: | F. TEKNIK > Fasilitas Penyeberangan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | adhi satriawan |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 03:54 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 03:54 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4127 |