PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

WAHYUNINGSIH, ADELIA AYU (2025) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
5012.FEB-AK (2102622010279)-15-33.pdf - Other

Download (903kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
5012.FEB-AK (2102622010279).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (763kB)

Abstract

Banyaknya perusahaan dalam industri, serta kondisi perekonomian saat ini telah menciptakan persaingan yang ketat antar perusahaan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan meningkatkan nilai perusahaan. Semakin baik nilai suatu perusahaan akan mencerminkan semakin baik kinerja entitas perusahaan dan semakin buruk nilai perusahaan akan mencerminkan buruknya kinerja entitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan, dan untuk mengetahui apakah kepemilikan manajerial dapat memoderasi corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022 yang berjumlah 63 perusahaan. Dalam pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi moderasi atau Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Sementara itu, kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya, yaitu memperpanjang periode pengamatan, mengembangkan studi dengan menambahkan variabel lain yang memengaruhi nilai perusahaan, tetapi belum digunakan dalam penelitian ini dan membuat daftar kriteria pengukuran lebih terperinci yang merujuk pada standar GRI 4.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/5012/FEB-AK/2025
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Nilai Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: adhi satriawan
Date Deposited: 08 Jul 2023 03:31
Last Modified: 22 May 2025 02:02
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3782

Actions (login required)

View Item
View Item