PORO, SELVIANA SOLI BAWO (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET ARITMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VIII C SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.460 FKIP-MAT ABSTRAK.pdf - Other
Download (255kB)
![[thumbnail of Bab I & II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.460 FKIP-MAT BAB I-II.pdf - Other
Download (3MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.460 FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (18MB)
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari, karena matematika merupakan pilar utama dari ilmu pengetahuan. Matematika melatih seseorang berpikir sederhana, jelas, tepat dan cepat. Agar kualitas pendidikan baik perlu adanya peningkatan pendidikan disekolah sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung. Untuk dapat menggali kemampuan intelektual peserta didiknya seoptimal mungkin seorang guru harus dapat memahami keadaan peserta didiknya dalam arti potensi yang ada dalam dirinya, baik potensi intelektual maupun bakat dan sifat dasar yang dimilikinya. Salah satu cara untuk mengenal dan memahami peserta didik adalah dengan mengetahui kelemahan atau kesulitannya. Guru yang mengetahui kelemahan-kelemahan atau kesulitan-kesulitan peserta didiknya dapat memilih metode yang tepat dalam kegiatan proses mengajar, sehingga potensi yang ada pada peserta didik dapat digali seoptimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal Barisan dan Deret aritmatika berdasarkan Prosedur Newman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dari kelompok tinggi, 2 siswa dari kelompok sedang, dan 2 siswa dari kelompok rendah yang masing-masing memiliki kesalahan terbanyak dari kelompoknya, sehingga jumlah keseluruhan subjek penelitian ada 6 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik teknik tes, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan mengenai jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah di kelas VIII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar dapat disimpulkan bahwa dalam pengerjaan soal cerita matematika pada materi Barisan dan Deret Aritmatika terdapat 5 jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII C berdasarkan analisis kesalahan menggunakan prosedur Newman yaitu, kesalahan membaca soal, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi soal, kesalahan ketrampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir pada setiap butir soal. Adapun penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu (1) Siswa kurang teliti; (2) Siswa terlalu buru-buru; (3) Siswa belum paham maksud soal; (4) Siswa kurang paham berlatih soal-soal; (5) Siswa kurang memanfaatkan waktu dengan baik; (6) Siswa tidak percaya diri; (7) Siswa salah dalam menghitung (komputasi); dan (8) Siswa belum paham menggunakan metode atau rumus.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/460/FKIP-MAT/2023 |
Uncontrolled Keywords: | analisis kesalahan, prosedur Newman |
Subjects: | G Science (Sains) > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | indah indriyani |
Date Deposited: | 31 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 31 May 2023 04:29 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3454 |