Sari, Ni Putu Paramitha (2023) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKANKEAKTIFAN SISWA KELAS VIII D SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.458 FKIP-MAT ABSTRAK.pdf - Other
Download (275kB)
![[thumbnail of Bab I & II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.458 FKIP-MAT BAB I-II.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.458 FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting di dalam upaya meningkatkan kualitas SDM dan juga sebagai modal dasar dalam pembangunan bangsa. Khususnya pada dunia pendidikan, dampak yang dirasakan adalah dibatasinya akses kegiatan tatap muka atau belajar di sekolah guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 tentu menyebabkan banyak kendala atau permasalahan khusus dalam institusi pendidikan yakni bagi para akademisi, mahasiswa, pendidik dan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran di masing-masing institusi sebagaimana yang semestinya dilakukan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran dikelas. Berdasarkan hasil tindakan tampak ada peningkatan keaktifan siswa kelas VIII D SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar tahun ajaran 2020/2021. Jumlah keaktifan siswa kelas VIII D SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar yang sebelumnya pada kategori rendah ada 11 orang menjadi 2 orang, dan pada kategori sedang sebelumnya ada 9 orang menjadi 2 orang siswa dan pada kategori tinggi yang sebelumnya berjumlah 18 orang menjadi 34 orang siswa. Keaktifan belajar siswa merupakan suatu proses kegiatan pembelajaran yang menuntut siswa untuk ikut terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan membuat tingkah laku siswa menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil tersebut maka aplikasi Google Classroom sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa di masa pandemi, karena Google. Classroom mudah dan praktis digunakan. Aplikasi google classroom dalam pembelajaran online terhadap keaktifan belajar siswa ini dapat diamati atau dinilai dari pemahaman materi, nilai, aktif bertanya. Ini karenakan cara mengajar inilah yang akan meningkatkan keaktifan belajar siswa yang diamati dari pemahaman materi dan aktif bertanya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/458/FKIP-MAT/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Google Classroom, Keaktifan |
Subjects: | G Science (Sains) > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | indah indriyani |
Date Deposited: | 31 May 2023 03:24 |
Last Modified: | 31 May 2023 03:24 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3451 |