ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA N 8 DENPASAR

WULANDARI, VIDIA ANTING (2023) ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA N 8 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.457 FKIP-MAT ABSTRAK.pdf - Other

Download (309kB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
R.457 FKIP-MAT BAB I-II.pdf - Other

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.457 FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kebutuhan SMA Negeri 8 Denpasar terhadap media video pembelajaran inovatif berbasis realistic mathematics education dalam pembelajaran matematika. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam kebutuhan media video video pembelajaran inovatif berbasis realistic mathematics education dalam pembelajaran matematika di SMA N 8 Denpasar. (3) Untuk mengetahui faktor kendala dalam kebutuhan media video video pembelajaran inovatif berbasis realistic mathematics education dalam pembelajaran matematika di SMA N 8 Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas XII dan siswa kelas XII IPA 7. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat 2 guru masuk kategori sangat butuh (100%), 30 peserta didik masuk kategori sangat butuh (75%), dan 10 peserta didik masuk kategori butuh (25%). (2) Ada beberapa faktor pendukung dari guru yaitu ketersediaan alat yang lengkap untuk membuat dan menayangkan video pembelajaran serta akses internet yang memadai. Sedangkan dari siswa, tersedianya perangkat elektronik dan internet untuk menerima video pembelajaran yang memadai. (3) Faktor kendala yang dialami guru yaitu keterbatasan kemampuan dalam penguasaan teknologi IT, terbatasnya kemampuan dalam membuat dan mengedit video serta keterbatasan waktu yang dimiliki. Sedangkan faktor kendala yang dialami siswa adalah munculnya rasa bosan jika durasi video yang disajikan terlalu panjang dan materinya terlalu padat.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/457/FKIP-MAT/2023
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Realistic Mathematics Education.
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: indah indriyani
Date Deposited: 31 May 2023 03:19
Last Modified: 31 May 2023 03:19
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3450

Actions (login required)

View Item
View Item