PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

PURNAMASARI, KADEK SINTA (2023) PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.5027.FEB-MAN-ABSTRAK.pdf - Other

Download (268kB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
R.5027.FEB-MAN-BAB 1 BAB 2.pdf - Other

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.5027.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Pada dasarnya untuk mengukur suatu nilai perusahaan dapat melalui beberapa aspek, salah satunya adalah dengan menggunakan harga pasar saham. Harga suatu pasar saham perusahaan mencerminkan penilaian investor secara berkeseluruhan atas setiap ekuitas yang dimiliki suatu perusahaan. Apabila suatu perusahaan tidak dapat mengelola keuangannya dengan baik dapat mengakibatkan terjadinya kesulitan keuangan dalam perusahaan tersebut. Oleh karena itu, analisis kondisi keuangan suatu perusahaan sangat penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Return on Equity (ROE), Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang telah diaudit di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian. Jumlah populasi perusahaan tersebut adalah sebanyak 38 perusahaan. Berdasarkan metode purposive sampling jumlah observasi yang memenuhi kriteria sampel adalah sebanyak 33 observasi yang dilakukan oleh 11 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan Moderating Regression Analysis (MRA) dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan variable moderating yang memperkuat terhadap hubungan antara ROE dengan nilai perusahaan. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain seperti variabel demografi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/5027/FEB-MAN/2022
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, corporate social responsibility, nilai perusahaan
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: indah indriyani
Date Deposited: 30 May 2023 02:58
Last Modified: 30 May 2023 02:58
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item
View Item