ANITA FEBRIYANTI, NI WAYAN (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN, MOTIVASI WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BADUNG UTARA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3347 FEB-AK Abstrak_watermark.pdf - Other
Download (151kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3347 FEB-AK Bab 1-2_watermark.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3347 FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (16MB)
Abstract
Pajak merupakan sumber pemasukan kas negara yang utama. Pemasukan ini nantinya digunakan untuk pembiayaan pembangunan negara dengan tujuan mensejahterakan masyarakat. Kontribusi masyarakat melalui pajak adalah salah satu cara dan sarana pembiayaan yang digunakan oleh pemerintah dalam membangun sarana umum. Hal ini menjadikan kepatuhan dan kesadaran wajib pajak menjadi faktor yang sangat penting dalam hal mencapai keberhasilan. Namun pada kenyataannya tingkat kepatuhan pajak di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, motivasi wajib pajak, sosialisasi perpajakan dan pemahaman perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Populasi penelitian ini adalah 92.686 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Badung Utara. Sampel digunakan sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan metode accidental sampling dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data primer menggunakan kuesioner sedangkan data skunder didapat dari database KPP Pratama Badung Utara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, dan Uji Kelayakan Model. Sedangkan uji kualitas data yang digunakan yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, motivasi wajib pajak, dan sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Badung Utara, sedangkan variabel pemahaman perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Badung Utara. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengebangkan penelitian ini menambahkan/menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak seperti tanggung jawab moral, tarif pajak dan penerapan E-Filling, E-Billing, E-SPT.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | 3347 FEB-AK/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Motivasi Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Wajib Pajak |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email adhisatriawan@unmas.ac.id |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 01:57 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 04:48 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/331 |