SARIYANTI, NI PUTU YULI (2021) PENGARUH PROMOSI DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI (STUDI PADA SITUS BELANJA ONLINE LAZADA). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3795.FEB-MAN-9.pdf - Other
Download (280kB)
![[thumbnail of BAB I dan II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3795.FEB-MAN-16-48.pdf - Other
Download (3MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3795.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (16MB)
Abstract
Minat beli adalah kecenderungan konsumen untuk mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian. Dalam minat beli, ada faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu promosi dan e-service quality. Lazada merupakan e-commerce dengan konsep marketplace yang menyediakan banyak fasilitas yang dibutuhkan oleh penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi jual beli secara online. Pada Lazada ditemukan permasalahan berupa kurangnya kunjungan konsumen untuk mengakses situs/aplikasi dan ditemukan penilaian konsumen yang merasa kecewa terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh promosi dan e-service quality terhadap minat beli pada situs belanja online Lazada.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan konsumen Lazada di wilayah Denpasar yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya, sehingga sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil memiliki ciri khusus atau target tertentu, adapun kriteria khusus pengambilan sampel adalah responden berusia 19-43 tahun, pernah mengunjungi situs/aplikasi Lazada serta pernah melihat iklan berbentuk video dengan Agnez Mo sebagai bintang iklannya, yaitu sebanyak 104 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program SPSS 25.0 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi dan e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli. Hal tersebut diperoleh melalui persamaan regresi MNB = 2,796 + 0,495PRM1 + 0,242ESQ2, dimana untuk variabel promosi nilai thitung sebesar 4,834 serta nilai signifikansi uji t sebesar 0,000. Selanjutnya untuk variabel e-service quality nilai thitung sebesar 3,071 serta nilai signifikansi uji t sebesar 0,003. Lazada dalam hal ini harus selalu menjamin kualitas pelayanan elektronik agar tidak ada lagi negative valance di platform ecommerce. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini menggunakan variabel lain yang berpengaruh terhadap minat beli seperti celebrity endorser, citra merek dan online customer review and rating, serta meneliti pada lokasi yang berbeda dan relevan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/3795/FEB-MAN/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Minat beli, promosi, e-service quality, e-commerce |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 19 Mar 2022 03:45 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:13 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/316 |