Suparsa, I Nyoman (2021) Peningkatan Kemampuan Menganalisis Isi Puisi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 9 Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan, 11 (1). ISSN p-ISSN 2087-9016, e-ISSN 2685-4694
![[thumbnail of Hasil Similarity]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SSuparsa-40.pdf - Other
Download (1MB)
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menganalisis isi puisi. Pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) merupakan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melakukan suatu pembelajaran dengan lebih aktif. Dalam penelitian terdapat beberapa masalah, tujuan, dan landasan teori ketika mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning). Ruang lingkup penelitian ini ialah peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis isi puisi melalui pembelajaran berbasis masalah (problem- based learning). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Denpasar. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi dan metode tes, sedangkan untuk mengolah data peneliti menggunakan rumus penghitungan rata-rata. Berdasarkan pemaparan tersebut maka simpulan yang diperoleh ialah meningkatnya kemampuan siswa dalam menganalisis isi puisi melalui pembelajaran berbasis masalah (problem- based learning).
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | SSuparsa-40 |
Uncontrolled Keywords: | menganalisis, isi puisi, pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | F. BAHASA ASING > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 02:18 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 02:18 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3028 |