PENGARUH PENERAPAN E-SAMSAT, KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, SOSIALISASI PERPAJAKAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT DENPASAR

PUSPAYANTI, NI NYOMAN (2022) PENGARUH PENERAPAN E-SAMSAT, KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, SOSIALISASI PERPAJAKAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.3720.FEB-AK-8.pdf - Other

Download (178kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.3720.FEB-AK-14-43.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.3720.FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah salah satu penerimaan pajak yang dapat mempengaruhi tingginya pendapatan daerah yang berguna untuk membiayai pembangunan pemerintah daerah, oleh karena itu perlu adanya optimalisasi dari penerimaan PKB melalui berbagai upaya yang dapat meningkatkan pendapatan dari sektor ini. Kepatuhan wajib pajak mempunyai hubungan dengan penerimaan pajak karena apabila kepatuhan dari wajib pajak meningkat maka secara tidak langsung juga akan memperbesar penerimaan negara dari sektor pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh penerapan e-samsat, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan, dan sanksi pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor Bersama Samsat Denpasar.
Populasi dalam penelitian ini adalah 841.101 yang merupakan wajib pajak kendaraan bermotor yang telah melakukan pembayaran pajak kendaran bermotor di Kantor Bersama Samsat Denpasar pada tahun 2020. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan menggunakan rumus slovin dan ditentukan berdasarkan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data primer menggunakan kuesioner, sedangkan data sekunder adalah database yang didapat dari Kantor Bersama Samsat Denpasar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel penerapan e-samsat, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor Bersama Samsat Denpasar, sedangkan variabel sosialisasi perpajakan dan sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor Bersama Samsat Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/3720/FEB-AK/2022
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan wajib pajak, penerapan e-samsat, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan, sanksi pajak
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Wajib Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:12
Last Modified: 03 Apr 2023 03:12
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item
View Item