ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI ALJABAR BERDASARKAN TEORI NOLTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA UTARA

SAFITRI, NI KOMANG (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI ALJABAR BERDASARKAN TEORI NOLTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA UTARA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.456 FKIP-MAT ABSTRAK.pdf - Other

Download (310kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.456 FKIP-MAT BAB I-II.pdf - Other

Download (3MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.456 FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Salah satu mata pelajaran yang diajarkan dalam jenjang pendidikan di sekolah yaitu pelajaran matematika. Matematika merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Banyak siswa masih menganggap matematika itu sulit dipahami, siswa juga menganggap bahwa matematika adalah ilmu hafalan dari sekian banyak rumus. Siswa merasa kesulitan dalam menyelesikan soal matematika sehingga banyak siswa yang melakukan kesalahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kuta Utara dengan jumlah 36 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Cluster Random Sampling yaitu dengan mengurutkan subjek penelitian berdasarkan perolehan nilai tertinggi hingga nilai terendah yang selanjutnya dicari nilai rata-rata kelas dan standar deviasi. Berdasarkan standar deviasi tersebut maka didapat batasan yang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah kemudian dipilih 2 siswa yang memperoleh nilai terendah dari masing-masing kelompok sehingga didapat 6 subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data (triangulasi). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahsan mengenai persentase jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi aljabar berdasarkan teori Nolting adalah kesalahan membaca petunjuk sebesar (22%), kesalahan kecerobohan sebesar (9%), kesalahan konsep sebesar (20%), kesalahan aplikasi sebesar (2%), kesalahan pengerjaan tes sebesar (24%), dan kesalahan belajar sebesar (23%). Penyebab dari kesalahan yang dilakukan siswa adalah Siswa kurang teliti, siswa terlalu terburu-buru, siswa tidak percaya diri, siswa kurang memanfaatkan waktu dengan baik, siswa belum paham dengan maksud soal, siswa belum paham menggunkan konsep atau rumus, siswa tidak mengetahui konsep atau rumus, dan siswa kurang berlatih soal-soal.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.456 FKIP-MAT / 2023
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Teori Nolting, Materi Aljabar
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia > Teori Nolting
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:23
Last Modified: 25 Mar 2023 02:23
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item
View Item