ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP PADA SISWA KELAS VII C SMP SAPTA ANDIKA DENPASAR MENGGUNAKAN TEORI NOLTING TAHUN PELAJARAN 2021/2022

LENDE, YUNITA (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP PADA SISWA KELAS VII C SMP SAPTA ANDIKA DENPASAR MENGGUNAKAN TEORI NOLTING TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.453 FKIP-MAT ABSTRAK.pdf - Other

Download (261kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.453 FKIP-MAT BAB I-II.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.453 FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Peringkat tes PISA bidang matematika dalam 2 dekade berada pada posisi sangat rendah. Pada tahun 2018 indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 negara dengan perolehan skor matematika nya 379. Melalui hasil wawancara dengan guru diketahui bahwa siswa belum pernah diberikan soal matematika PISA dan juga diketahui siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika terutama pada materi fungsi dan aljabar, dimana materi tersebut termasuk dalam konten change and relationship, hanya beberapa siswa yang dapat menjawab soal matematika dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada soal PISA dengan teoritis prosedur Nolting pada siswa SMP Sapta Andika Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Tempat penelitian di SMP Sapta Andika Denpasar, waktu penelitian bulan April 2022. Desaian penelitian dibantu oleh guru pamong, prosedur penelitian yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis. Sumber data bersal dari hasil tes atau jawaban siswa berupa dokumentasi dan hasil wawancara. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Sapta Andika Denpasar dari 21 siswa yang kemudian ditentukan dengan hasil jawaban siswa lalu dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah yang diambil dari 2 masing – masing kelompok sehingga jumlah subjek menjadi 6 siswa. Uji instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabasahan data (triangulasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship berdasarkan teori Nolting adalah (1) misread-direction errors (kesalahan membaca petunjuk), yang meliputi siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal (2) concept errors (kesalahan konsep) yang meliputi siswa tidak mengetahui rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal (3) application errors (kesalahan penerapan) yang meliputi siswa mengetahui rumus (konsep) namun tidak dapat menerapkannya dalam mengerjakan soal (4) test-talking errors (kesalahan pengerjaan tes) yang meliputi siswa tidak menyelesaikan jawaban dari soal yang yang diberikan dan siswa tidak menyimpulkan jawaban dari soal yang diberikan. Faktor-faktor dari penyebab xiv kesalahan siswa adalah siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa terlalu terburu-buru dan siswa kurang berlatih soal PISA.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.453 FKIP-IND / 2023
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, PISA, change and relationship, Nolting
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia > Teori Nolting
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:01
Last Modified: 24 Mar 2023 02:01
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item
View Item