IMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII B SMP SAPTA ANDIKA

WULANDARI, NI MADE DWI SINTIA (2023) IMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII B SMP SAPTA ANDIKA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.450 FKIP-B.INDO ABSTRAK.pdf - Other

Download (14kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.450 FKIP-B.INDO BAB I-II.pdf - Other

Download (169kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.450 FKIP-B.INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan serta kreativitas siswa dalam menulis sebuah teks prosedur. Pada penelitian ini, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk 1) Untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam menulis teks prosedur pada siswa kelas VII B SMP Sapta Andika; 2) Untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran implementasi metode Project Based Learning dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam menulis teks prosedur pada siswa kelas VII B SMP Sapta Andika; 3) Untuk mengetahui respon siswa setelah diimplementasikannya metode Project Based Learning pada pembelajaran menulis teks prosedur. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan kuesioner. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data kualitatif dan kuantitatif. Perolehan hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan dalam kemampuan dan kreativitas siswa dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan metode Project Based Learning. Peningkatan ini dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa yang meningkat setiap siklusnya, yaitu perolehan nilai rata-rata pretes siswa yang hanya mencapai 69,39 meningkat pada siklus I setelah diimplementasikannya metode Project Based Learning menggunakan media video memperoleh nilai rata-rata 74,87 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali setelah diimplementasikannya metode Project Based Learning yang menggunakan hasil karya keterampilan siswa sebagai medianya dengan nilai rata-rata kelas 83,29. Adapun langkah-langkah pembelajaran dari implementasi metode Project Based Learning yang mampu meningkatkan kemampuan dan kreativitas menulis teks prosedur siswa yaitu 1) Penentuan pertanyaan mendasar, 2) Mendesain perencanaan proyek, 3) Menyusun jadwal pelaksanaan, 4) Memonitor siswa dan kemajuan proyek, 5) Menguji hasil, 6) Mengevaluasi pengalaman. Implementasi metode Project Based Learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur juga mendapatkan respon positif dari siswa, yang ditunjukkan dengan jumlah siswa yang sangat setuju dan setuju pada pernyataan dalam kuesioner memperoleh persentase 94,62%.

Abstract

This research is motivated by the low ability and creativity of students in writing a procedure text. In this study, classroom action research (PTK) was conducted with the aim of 1) to improve skills and creativity in writing procedural texts for class VII B students of SMP Sapta Andika; 2) To find out the learning steps for implementing the Project Based Learning method in an effort to improve skills and creativity in writing procedure texts for class VII B students of SMP Sapta Andika; 3) To find out student responses after implementing the Project Based Learning method in learning to write procedural texts. Collecting data in this study using the method of observation, tests and questionnaires. The data that has been obtained is then analyzed using qualitative and quantitative data analysis methods. The results of the research show an increase in the ability and creativity of students in writing procedural texts using the Project Based Learning method. This increase can be seen from the acquisition of the average student score which increases each cycle, namely the acquisition of the average pretest score of students which only reaches 69.39 increases in cycle I after the implementation of the Project Based Learning method using video media obtains an average value of 74.87 then in cycle II there was an increase again after the implementation of the Project Based Learning method which used the work of students' skills as the medium with an average class value of 83.29. As for the learning steps from implementing the Project Based Learning method which is able to improve students' ability and creativity in writing procedural texts, namely 1) Determining basic questions, 2) Designing project plans, 3) Arranging implementation schedules, 4) Monitoring students and project progress, 5) Test results, 6) Evaluate experience. Implementation of the Project Based Learning method in learning to write procedural texts also received positive responses from students, as indicated by the number of students who strongly agreed and agreed on the statements in the questionnaire obtaining a percentage of 94,62%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.450 FKIP-IND / 2023
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Project Based Learning, Teks Prosedur
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia > Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Mar 2023 03:27
Last Modified: 18 Mar 2023 03:27
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item
View Item