SALANG, OKTAVIA INDRI YANI (2022) EFISIENSI PEMASARAN KAKAO DI KELOMPOK TANI WIJA AMERTA DESA ANGKAH KECAMATAN SELEMADEG BARAT KABUPATEN TABANAN. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.307 FPB-AGRI ABSTRAK.pdf - Other
Download (342kB)
![[thumbnail of Bab I & II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.307 FPB-AGRI BAB I-II.pdf - Other
Download (4MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.307 FPB-AGRI.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
ABSTRAK
Kelompok Tani Wija Amerta Desa Angkah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan merupakan salah satu kelompok tani yang menjadi sentra produsen kakao. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis biaya pemasaran, margin pemasaran, farmer share, dan efisiensi pemasaran kakao di Kelompok Tani Wija Amerta Desa Angkah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan. Penelitian ini dilakasanakan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2022. Responden dalam penelitian ini sebanyak 14 orang petani kakao. Berdasarkan hasil penelitian pada analisis biaya pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran kakao, maka di peroleh hasil penelitian sebagai berikut: 1. Proses pengolahan fermentasi kakao: Sortasi buah, Pemecahan buah, Fermentasi, Grading/pengkelasan, Penyimpanan. 2. Biaya pemasaran yang di peroleh pada saluran tingkat I sebesar 0,00/kg. Biaya pemasaran yang diperoleh II sebesar Rp 26.400/kg. Biaya pemasaran yang di peroleh pada saluran III sebesar Rp 32.500/kg. 3. Margin pemasaran yang di peroleh pada saluran I sebesar 0,00/kg. Margin pemasaran yang diperoleh pada saluran II sebesar Rp26.900 /kg. Margin pemasaran yang di peroleh pada saluran III sebesar Rp 34.000/kg. 4. Farmer Share yang di peroleh pada saluran I sebesar 100%. Farmer Share yang di peroleh pada saluran II sebesar 10,03% sedangkan Farmer share yang di peroleh saluran III sebesar 8,108%. 5. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I sebesar 0,00%, karena pada saluran pemasaran I tidak ada biaya yang di keluarkan.
ABSTRACT
The Wija Amerta Farmer Group, Angkah Village, Selemadeg Barat District, Tabanan Regency is one of the farmer groups which is the center of cocoa production. The purpose of this study was to analyze marketing costs, marketing margins, farmer share, and marketing efficiency of cocoa in the Wija Amerta Farmer Group, Angkah Village, Selemadeg Barat District, Tabanan Regency.This research was conducted from August to October 2022. Respondents in this study were 14 cocoa farmers. Based on the research results on the analysis of marketing costs, marketing margins and marketing efficiency of cocoa, the following conclusions are obtained: 1. Processing of cocoa fermentation: fruit sorting, fruit breaking, grading, storage. 2. The marketing costs obtained on channel I are IDR 0,00/kg. The marketing costs obtained on channel II are IDR 26,400/kg. Marketing costs obtained in channel III amounted to IDR 32,500/kg. 3. The marketing margin obtained on channel I is IDR 0,00/kg. The marketing margin obtained on channel II is IDR 26,900 / kg. The marketing margin obtained on channel III is IDR 34,000/kg. 4. The Farmer Share obtained on channel I is 100%. The Farmer Share obtained on channel II is 10.03% while the Farmer share obtained on channel III is 8.108%. 5. The most efficient marketing channel I of 0,00%, because in marketing channel I there are no costs incurred.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/307/FPB-AGRI/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Margin pemasaran, Farmer share, Efisiensi pemasaran, dan kakao |
Subjects: | F. PERTANIAN DAN BISNIS |
Divisions: | Fakultas Pertanian dan Bisnis > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 01:45 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 01:45 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2641 |