PENGARUH KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN, SOSIALISASI, SANKSI, DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN BANGLI

SUPRIYANTI, NI KADEK DESI (2022) PENGARUH KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN, SOSIALISASI, SANKSI, DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN BANGLI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.3784 FEB-AK ABSTRAK.pdf - Other

Download (118kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.3784 FEB-AK BAB I-II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXt] Text (FULL TEXt)
R.3784 FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Kepatuhan Wajib Pajak merupakan kesadaran secara individu yang dapat mendorong wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Bangli selama 4 tahun terakhir selalu mengalami penurunan sehingga menyebabkan persentase kepatuhan wajib pajak menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh kesadaran, kualitas pelayanan, sosialisasi, sanksi dan pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Kabupaten Bangli. Populasi penelitian adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor di kantor SAMSAT Bangli Tahun 2021 sebanyak 118.179 wajib pajak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan metode accidental sampling dan menggunakan rumus slovin. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, sosialisasi pajak, dan sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Sedangkan kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, seperti pendapatan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.3784 FEB-AK / 2022
Uncontrolled Keywords: kesadaran, kualitas pelayanan, pengetahuan pajak.
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Wajib Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 17 Feb 2023 05:48
Last Modified: 17 Feb 2023 05:48
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item
View Item