WIRAYANTI, PUTU AYU (2022) PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PADA PELAPORAN PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA GIANYAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3616 FEB-AK ABSTRAK.pdf - Other
Download (133kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3616 FEB-AK BAB I-II.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3616 FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Usaha untuk mengoptimalkan penerimaan pajak tidaklah dapat diandalkan dari peran dari Direktorat Jendral Pajak (DJP) saja tapi dibutuhkan peran aktif dari seluruh masyarakat Indonesia khususnya wajib pajak. Kondisi perpajakan yang menuntut keikutsertaan aktif wajib pajak dalam menyelenggarakan perpajakan membutuhkan kepatuhan wajib pajak yang tinggi, yaitu kepatuhan dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi perpajakan, pengetahuan perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Gianyar. Populasi penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang terdaftar pada Tahun 2020 berjumlah 293.015 di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gianyar. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode accidental sampling, dengan sampel yang diperoleh sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh positif pada kepatuhan wajib pajak. Sedangkan kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi perpajakan dan pengetahuan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R.3616 FEB-AK / 2022 |
Uncontrolled Keywords: | Kepatuhan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Pajak |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 02:09 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:09 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2409 |