PENGARUH BRAND AMBASSADOR, IKLAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI KOTA GIANYAR (STUDI KASUS PADA BOY GROUP BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA)

YANTI, NI PUTU MIRA KUSUMA (2022) PENGARUH BRAND AMBASSADOR, IKLAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI KOTA GIANYAR (STUDI KASUS PADA BOY GROUP BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.4522.FEB-MAN-ABSTRAK.pdf - Other

Download (134kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.4522.FEB-MAN-BAB 1 BAB 2.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.4522.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Persaingan marketplace di Indonesia semakin ketat dengan banyaknya pesaing baru dan lama dalam menggaet konsumen. Hal itu membuat perusahaan mencari strategi yang tepat dan menarik untuk memasarkan produknya. Perkembangan fenomena Korean wave dimanfaatkan oleh banyak perusahaan di Indonesia sebagai strategi pemasaran. Dengan adanya fenomena Korean wave ini, banyak perusahaan dan marketplace yang beroperasi di Indonesia menggunakan artis terkenal dari Korea Selatan sebagai brand ambassador.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh brand ambassador, iklan dan brand image terhadap keputusan berbelanja online pada marketplace Tokopedia. Penelitian ini dilakukan di Kota Gianyar pada masyarakat yang menggunakan marketplace Tokopedia sebagai tempat berbelanja online dengan menggunakan sampel sebanyak 112 orang responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand ambassador, iklan dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja online pada marketplace Tokopedia. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan serta bahan pengembangan bagi Tokopedia dan sebagai sumber informasi untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat dan menarik di dalam menghadapi pesaing.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/4522/FEB-MAN/2022
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Iklan, Brand Image, Keputusan Berbelanja Online
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:02
Last Modified: 03 Mar 2023 02:17
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2381

Actions (login required)

View Item
View Item