ARTHA, DIDIK RABUANA (2022) PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT. TELKOM AKSES DENPASAR). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
133.FEB-MM-8-9.pdf - Other
Download (251kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
133.FEB-MM-15-74.pdf - Other
Download (5MB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
133.FEB-MM.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (19MB)
Abstract
Abstrak
Sumber daya manusia (SDM) memegang peranan penting dan aset yang wajib dimiliki oleh perusahaan. Hal ini di karenakan, SDM berperan aktif dalam proses berjalannya suatu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu SDM yang terdapat di dalam organisasi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga apa yang menjadi tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik. Karyawan bagi perusahaan dalam mengoptimalisasikan kontribusinya terhadap misi perusahaan merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu cara mempertahankan kinerja yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengkonfirmasi hubungan antara variabel servant leadership, motivasi kerja, komitmen organisasi dan kinerja karyawan, pada PT. Telkom Akses Denpasar. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap yang bekerja pada PT. Telkom Akses Denpasar, yaitu sejumlah 45 responden. Dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program SMARTPLS v.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik penerapan servant leadership mampu meningkatkan komitmen karyawan terhadap organisasi. Selain itu ditemukan, karyawan yang termotivasi dalam bekerja akan meningkatkan komitmen mereka pada organisasi. Penerapan servant leadership ternyata tidak mampu secara langsung dan tak langsung meningkatkan kinerja karyawan. Hasil lainnya, peningkatan motivasi karyawan akan meningkatkan kinerja karyawan. baik secara langsung maupun tak langsung melalui mediasi komitmen organisasi. Sementara itu, komitmen karyawan ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhada kinerja karyawan.
Abstract
Human resources (HR) play an important role and assets that must be owned by the company. This is because HR plays an active role in the process of running a company to achieve company goals. Therefore, the human resources contained in the organization must be utilized as much as possible, so that what is the company's goal can be achieved properly. Employees for the company in optimizing their contribution to the company's mission is very important as a way to maintain effective performance. The purpose of this study is to test and confirm the relationship between the variables of servant leadership, work motivation, organizational commitment and employee performance, in PT. Telkom Access Denpasar. Respondents in this study were all permanent employees who worked at PT. Telkom Access Denpasar, which is a total of 45 respondents. Using Structural Equation Modeling (SEM) analysis with the help of the SMARTPLS v.3 program. The results of this study show that the better the application of servant leadership can increase employee commitment to the organization. In addition, it was found that employees who are motivated in work will increase their commitment to the organization. The application of servant leadership turns out to be unable to directly and indirectly improve employee performance. Another result, increased employee motivation will improve employee performance. either directly or indirectly through the mediation of organizational commitments. Meanwhile, employee commitment was found to have a positive and significant effect on employee performance.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R.133 FEB-MM/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Servant leadership, motivasi kerja, komitmen organisasi dan kinerja karyawan |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Kinerja Karyawan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 02:37 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 02:21 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1695 |