PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MEMBANGUN SEMANGAT BANGKIT MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL (STUDI PADA UMKM PASAR SENI DESA GUWANG PADA MASA COVID)

HITAYANI, COKORDA PUTRI (2022) PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MEMBANGUN SEMANGAT BANGKIT MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL (STUDI PADA UMKM PASAR SENI DESA GUWANG PADA MASA COVID). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
125.FEB-MM-10-11.pdf - Other

Download (260kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
125.FEB-MM-18-69.pdf - Other

Download (4MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
125.FEB-MM.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Abstrak

Purpose: mengukur kemampuan variabel Technology Acceptance Model (TAM); persepsi tentang kemudahan memanfaatkan (Perceived Ease of Use) (PEOU) dan kegunaan media digital (Perceived Usefulness) (PU) untuk merangsang gairah (passion) UKM melalui penciptaan kepuasan dalam memanfaatkan teknologi digital. Design/methodology/approach: Jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan skala pengukuran yang telah ada sebelumnya berkaitan dengan PU PEOU, kepuasan (satisfaction) dan gairah (passion). Melibatkan sampel UKM pada pandemi Covid, dengan alat analisis pemanfaatan model SEM PLS. Findings: Hasil penelitian ini menunjukkan dua elemen TAM yaitu PU dan PEOU secara signifikan tidak mampu merangsang gairah UKM. Keberhasilan TAM untuk merangsangsang gairah ditentukan oleh kemampuannya untuk menciptakan kepuasan menggunakan media digital. Kepuasan telah berperan secara signifikan sebagai mediasi penuh pada pengaruh PU dan PEOU terhadap gairah UKM untuk menggunakan media digital. Practical/implications: nampaknya, gairah UKM untuk menggunakan media digital sangat ditentukan oleh bukti atau hasil nyata yang memuaskannya. Jika teknologi digital belum terbukti memberikan kepuasan maka para UKM sulit bisa menerima media digital untuk memasarkan barangnya. Originality/value: Penelitian ini menawarkan wawasan baru, mengisi kesenjangan kajian mengukur kemampuan TAM untuk membangun gairah. Sebelumnya belum sangat terbatas dilakukan.

Abstract

Purpose: measuring the ability of Technology Acceptance Model (TAM) variable; perceived ease of use (PEOU) and perceived usefulness (PU) of digital media to stimulate the passion of SMEs through creating satisfaction in utilizing digital technology. Design/methodology/approach: This type of research is quantitative, using a pre existing measurement scale related to PU, PEOU, satisfaction, and passion. Involving a sample of SMEs during the Covid pandemic, using the PLS SEM model as an analysis tool. Findings: The results of this study indicate that two elements of TAM, namely PU and PEOU, are not significantly able to stimulate SMEs passion. The success of TAM to stimulate passion is determined by its ability to create satisfaction in using digital media. Satisfaction has played a significant role as a full mediation on the influence of PU and PEOU on SMEs passion to use digital media. Practical/implications: apparently, SMEs passion to use digital media is largely determined by the evidence or tangible results that satisfy them. If digital technology has not been proven to provide satisfaction, it is difficult for SMEs to accept digital media to market their products. Originality/value: This research offers new insights, filling gaps in studies measuring TAM's ability in creating passion. Previously it has not been adequately explored.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.125 FEB-MAN/2022
Uncontrolled Keywords: passion, usefulness, Ease of Use, TAM, UMKM, satisfaction, Bali, Covid 19
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email adhisatriawan@unmas.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:43
Last Modified: 01 Feb 2023 02:14
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item
View Item