PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019

SUHARTO, GISSELLA NURCAHYANI (2021) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.3750.FEB-MAN-abstrak.pdf - Other

Download (414kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.3750.FEB-MAN-bab 1 bab 2.pdf - Other

Download (3MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.3750.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat investor untuk membuat suatu keputusan investasi di sebuah perusahaan. Perusahaan yang memiliki tata kelola perusahaan yang baik, kinerja yang baik dan tanggung jawab pada lingkungan sosial akan membuat investor yakin mengenai saham yang diinvestasikan di pasar. Selain itu profitabilitas dan ukuran perusahaan juga masih menjadi perhatian yang penting bagi perusahaan sehinga perlu dilakukan pengujian mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance pada nilai perusahaan melalui profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai varibel moderasi. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia, dengan objek penelitian perusahaan manufaktur periode 2017 – 2019. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 50 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil pengujian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengungkapan CSR dan pelaksanaan GCG, maka nilai perusahaan akan semakin tinggi. Profitabilitas dan ukuran perusahaan mampu memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 3750 FEB-MAN/2021
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Nilai Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:40
Last Modified: 01 Feb 2023 06:06
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item
View Item