RAHAYU, DESAK MADE KURNIA (2021) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3748.FEB-MAN-abstrak.pdf - Other
Download (191kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3748.FEB-MAN-bab 1 bab 2.pdf - Other
Download (3MB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3748.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Mekanisme untuk memperbaiki citra perusahaan dan meningkatkan nilai perusahaan adalah dengan memperbanyak buntuk tanggungjawab yang dilakukan perusahaan terhadap lingkungan atau lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility. Saat ini tanggung jawab perusahaan sudah berkembang menjadi prinsip triple bottom line, yang mengarahkan perusahaan untuk tidak hanya fokus pada pencapaian profit saja, tetapi juga mampu menjaga kelestarian lingkungan (planet) dan memberikan kontribusi dalam pengembangan masyarakat (people). Sesuai dengan amanat UU, setiap perseroan terbatas yang kegiatanya memanfaatkan SDA wajib untuk melakukan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Oleh karena itu, perudahaan pertambangan wajib untuk melaksanakan TJSL atau CSR. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan menguji Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelelitian ini adalah perusahaan sektor pertamabangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2019 yang berjumlah 47 perusahaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regresion Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ukuran Perusahaan sebagai varaiabel moderasi tidak mampu memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas sebagai variabel moderasi mampu memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | 3748 FEB-MAN/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Perusahaan Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas. |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Nilai Perusahaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:29 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 06:06 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1635 |