ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA RUAS JALAN KAMBOJA DENPASAR (STUDI KASUS DI DEPAN PASAR KRENENG)

SELNISIUM, REGINALDUS VIVIANA (2022) ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA RUAS JALAN KAMBOJA DENPASAR (STUDI KASUS DI DEPAN PASAR KRENENG). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
260.FT-SIP-9.pdf - Other

Download (252kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
260.FT-SIP-10-31.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
260.FT-SIP.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan transportasi di Indonesia semakin meningkat salah satunya adalah kota Denpasar. Tingginya aktivitas penduduk di kota Denpasar menyebabkan terjadinya kepadatan lalu lintas seperti pada ruas jalan Kamboja segmen jalan depan Pasar Kreneng dimana kemacetan sering terjadi pada saat aktivitas pasar, karena sebagian besar memanfaatkan badan jalan sebagai lahan parkir dan aktivitas hambatan samping yang menambah permasalahan di ruas jalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik serta pengaruh hambatan samping terhadap tingkat pelayanan di ruas Jalan Kamboja Denpasar. Penelitian yang dilakukan yaitu berupa survei volume lalu lintas untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan, kemudian survei hambatan samping untuk mengetahui besarnya pengaruh hambatan samping terhadap kinerja jalan di ruas Jalan Kamboja Denpasar. Penelitian ini dilakukan pada hari Senin dan Sabtu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan cara pengamatan dan perhitungan lalu lintas dan hambatan samping secara langsung di lapangan. Berdasarkan hasil analisis, maka dipeoleh nilai derajat kejenuhan dengan adanya hambatan samping pada Senin, 28 Maret 2022 sebesar 0,46 smp/jam dengan jumlah volume kendaraan 1.206 smp/jam dan termasuk tingkat pelayanan C, dimana ini berarti arus stabil tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan dan pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan. Pada Sabtu, 02 April 2022 sebesar 0,34 smp/jam dengan jumlah kendaraan 916,2 smp/jam dan termasuk tingkat pelayanan B, dimana arus stabil tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi kondisi lalu lintas dan pengemudi memiliki kebebasan yang cukup untuk memilih kecepatan. Tingkat pelayanan jalan dengan hambatan samping sangat mempengaruhi kinerja jalan untuk itu diperlukan solusi penanganan seperti pengadaan lahan parkir dan menetapkan jalur keluar ataupun masuk di ruas Jalan Kamboja Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 260 FT-SIP/2022
Uncontrolled Keywords: Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan Jalan, Volume Lalu Lintas.
Subjects: F. TEKNIK > Volume Lalu Lintas
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:17
Last Modified: 27 Jan 2023 04:40
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item
View Item