APRIASTUTI, NI MADE DWI (2022) PENGARUH BRAND AWARENESS DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS BELANJA ONLINE SHOPEE DI KOTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.4406.FEB-MAN.2022.Abstrak.pdf - Other
Download (122kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.4406.FEB-MAN.2022.Bab1 BAB 2.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.4406.FEB-MAN.2022.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstract
Salah satu e-commerce yang berkembang dan tengah popular di masyarakat adalah Shopee. Shopee merupakan platform belanja online yang menjual berbagai macam kebutuhan modern dan memungkinkan para konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka di dalam satu platform. Shopee juga mengusung konsep sosial, di mana pengguna tidak hanya berfokus pada jual-beli saja, tetapi dapat berinteraksi dengan sesama pengguna melalui fitur pesan instan yang telah disediakan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh brand awareness dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian di situs belanja online Shopee di Kota Denpasar. Penelitian ini hanya menguji brand awareness dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini terbatas pada konsumen situs belanja online Shopee di Kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Denpasar yang telah menggunakan situs belanja online Shopee. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 97 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness dan electronic word of mouth (EWOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Electronic Word of Mouth (EWOM) memiliki nilai koefisien beta tertinggi yaitu sebesar 0,577. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penelitian ini electronic word of mouth (EWOM) memiliki pengaruh yang dominan terhadap peningkatan maupun penurunan keputusan pembelian di situs belanja online Shopee di Kota Denpasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | 4406 FEB-MAN/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Brand Awareness, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian dan Shopee |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:31 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 02:17 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1520 |