ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA REALISTIK BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP SAPTA ANDIKA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Maubanu, Derti Florida (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA REALISTIK BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP SAPTA ANDIKA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.445 FKIP MAT ABSTRAK.pdf - Other

Download (98kB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
R.445 FKIP MAT BAB I & II.pdf - Other

Download (444kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.445 FKIP MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang di gunakan berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Sapta Andika Denpasar dengan jumlah siswa 30 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 6 siswa. materi yang digunakan adalah materi segitiga. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan berupa presentase jenis kesalahan berdasarkan prosedur Newman yang menunjukkan bahwa siswa memiliki macam-macam kesalahan dalam mengerjakan soal, dari presentase yang telah di dapatkan. Karakteristik atau indikator kesalahan yang paling banyak yaitu kesalahan memahami masalah sebesar 21,21%, kesalahan keterampilan proses sebesar 33,33%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 45,45%. Adapun penyebab kesalahan siswa yaitu siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa belum paham bagaimana seharusnya menyimpulkan hasil jawabannya, siswa kurang berlatih soal, siswa belum paham menggunakan metode rumus, siswa tergesa-gesa dan siswa kurang konsisten.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/445/FKIP-MAT/2022
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Materi Segitiga
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:51
Last Modified: 27 Jan 2023 02:37
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item
View Item