PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI PEMEDIASI DARI PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA

AMELYA, A.A. AJENG MARTYA (2022) PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI PEMEDIASI DARI PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.3531.FEB.AK-ABSTRAK.pdf - Other

Download (98kB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
R.3531.FEB.AK-BAB I & II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.3531.FEB.AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Nilai perusahaan dapat tercermin dari tingginya harga saham perusahaan, jika nilai sahamnya tinggi dapat dikatakan nilai perusahaan juga baik. Perusahaan yang memiliki kinerja baik dalam menaikan nilai perusahaannya akan mendorong investor tertarik untuk berinvestasi. Penyebab kenaikan dari harga saham dapat dilihat dari profit perusahaan, dengan adanya profit yang tinggi maka kesejahteraan para pemegang saham akan terjamin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris peran corporate social responsibility sebagai pemediasi dari pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2018- 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 144 perusahaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap corporate social responsibility. Profitabilitas dan corporate social responsibility berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility dan nilai perusahaan. Corporate social responsibility dapat memediasi hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Namun corporate social responsibility tidak dapat memediasi hubungan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/3531/FEB-AK/2022
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Profitabilitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:19
Last Modified: 31 Jan 2023 03:12
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item
View Item