PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SISWA BERPRESTASI TERKAIT DENGAN ADANYA SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

ATMAJA, I GEDE PUTU ANGGA (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SISWA BERPRESTASI TERKAIT DENGAN ADANYA SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.1383.FH.2021ABSTRAK.pdf - Other

Download (309kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
R.1383.FH.2021-BAB I.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.1383.FH.2021.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah pengaturan tentang sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru berdasarkan Permendikbud RI Nomor 20 Tahun 2019 beserta implikasinya. Metode penelitian yang dipergunakan diantaranya adalah tipe penelitian yuridis normatif, dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep, spesifikasi penelitan diskriptif analitis, pengumpulan data dengan studi kepustakaan, dan analis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaturan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru yang diatur berdasarkan Permendikbud RI No. 20 Tahun 2019, bertentangan dengan peraturan diatasnya yaitu PP RI No. 13 Tahun 2015 yang menetapkan bahwa hasil ujian nasional digunakan sebagai dasar untuk pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, yang mana peraturan pemerintah ini merupakan penjabaran dari UU RI No. 20 Tahun, sehingga berdasarkan Stufenbautheory dari Hans Kelsen yang diterjemahkan di Indonesia melalui UU RI No. 12 Tahun 2011 maka Permendikbud RI No. 20 Tahun 2019 harus dicabut, atau perlu dikaji ulang dan disesuaikan dengan peraturan diatasnya agar tercipta harmonisasi peraturan perundang undangan. Adapun implikasinya bagi calon peserta didik, meliputi 2 (dua) hal yaitu: Pertama, implikasi positif antara lain calon peserta didik baru memperoleh akses pendidikan dan terjadinya pemerataan pendidikan; Kedua, implikasi negatif antara lain calon peserta didik baru tidak bisa memilih sekolah yang sesuai harapan, dan bagi calon peserta didik yang berprestasi kurang mendapat penghargaan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/1383/FH/2021
Uncontrolled Keywords: zonasi; penerimaan; peserta didik baru
Subjects: F. HUKUM (Law)
Divisions: Fakultas Hukum > Sarjana Hukum
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:50
Last Modified: 03 Feb 2023 02:16
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item
View Item