PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PBL-STEM UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN 4C PADA SISWA KELAS VII DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR

PUTRI, IRA MAULIDDYAH (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PBL-STEM UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN 4C PADA SISWA KELAS VII DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
229.FKIP-BIO (2101842050002)-15-55.pdf - Other

Download (219kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
229.FKIP-BIO (2101842050002).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut penguasaan keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication), yang menjadi tantangan di Indonesia, khususnya di Bali. Banyak sekolah masih menerapkan metode pembelajaran pasif sehingga tidak mendukung pengembangan keterampilan ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar IPA berbasis Problem-Based Learning (PBL) terintegrasi STEM untuk meningkatkan keterampilan 4C siswa SMP. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli materi, media, dan desain, dengan hasil menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis PBL-STEM valid dengan skor rata-rata tinggi, praktis berdasarkan tanggapan guru dan siswa, serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan N-Gain pada kategori sedang hingga tinggi. Implementasi bahan ajar ini mendukung pembelajaran kontekstual, kolaboratif, serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/229/FKIP-BIO/2025
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, PBL-STEM, Keterampilan 4 C
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:40
Last Modified: 25 Jun 2025 03:40
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8669

Actions (login required)

View Item
View Item