ANALISIS TEMA DAN NILAI – NILAI MORAL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA CERPEN “INSPIRASI TANPA MENGGURUI KARYA CAHYO SATRIA WIJAYA

WIDIANTARI, NI PUTU MEGA ARTA (2022) ANALISIS TEMA DAN NILAI – NILAI MORAL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA CERPEN “INSPIRASI TANPA MENGGURUI KARYA CAHYO SATRIA WIJAYA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
SKRIPSI Mega Arta Widiantari new_watermark-11-12.pdf - Other

Download (269kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
SKRIPSI Mega Arta Widiantari new_watermark-16-38.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI Mega Arta Widiantari new_watermark.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tema, wujud nilai moral dan implikasinya bagi peningkatan karakter peserta didik pada cerpen Inspirasi Tanpa Menggurui karya Cahyo Satria Wijaya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan kepustakaan. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan teknik analisis triangulasi data yaitu, peneliti memanfaatkan dua teori atau lebih untuk diadu atau dipadu. Adapun langkah dalam analisis data yaitu (1) membaca, menelaah dan memahami, (2) menyeleksi data dan menyederhanakan data, (3) menyajikan data, (4) verifikasi data, (5) menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan tema yang terdapat pada cerpen Inspirasi Tanpa Menggurui karya Cahyo Satria Wijaya, wujud nilai moral dan implikasinya dalam peningkatan karakter peserta didik. Tema yang ditemukan adalah : kisah persahabatan, permasalahan keluarga,, arti sebuah pengorbanan, renungan hidup, perjuangan hidup,dan manusia dengan harga dirinya. Adapun wujud nilai moral tersebut antara lain: wujud nilai moral hubungan manusia dengan sesama: nilai kepedulian, dan nilai pengorbanan. Wujud nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri : nilai kesucian hati, nilai kejujuran dan nilai kemandirian. Atas segala proses proses penemuan kebijakan ditemukan bukti bahwa cerpen Inspirasi Tanpa Menggurui karya Cahyo Satria Wijaya dapat digunakan sebagai bahan ajar atau pedoman dalam peningkatan karakter peserta didik. Dalam bidang pendidikan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran sastra dijenjang pendidikan SMA/SMK dan mengacu pada kurikulum tingkat satuan pendidikan

Abstract

This research is a qualitative descriptive study that aims to find out the theme, the form of moral values and their implications for improving the character of students in the Cerpen Inspirasi Tanpa Menggurui by Cahyo Satria Wijaya. Data collection is done by the method of documentation and literature. The data in this study were processed using data triangulation analysis techniques, namely, researchers used two or more theories to be pitted or combined. The steps in data analysis are (1) reading, studying and understanding, (2) selecting data and simplifying the data, (3) presenting the data, (4) verifying the data, (5) concluding the data. The results of this study show the themes contained in the Cerpen Inspirasi Tanpa Menggurui by Cahyo Satria Wijaya, the manifestation of moral values and their implications in improving the character of students. The themes found are: stories of friendship, family problems, the meaning of a sacrifice, reflections on life, life struggles, and humans with their dignity. The manifestations of these moral values include: the form of the moral values of human relations with others: the value of caring, and the value of sacrifice. The form of the moral value of human relations with oneself: the value of purity of heart, the value of honesty and the value of independence. In all processes of the policy discovery process, evidence was found that the short story Inspirasi Without Menggurui by Cahyo Satria Wijaya could be used as teaching material or as a guide in improving the character of students. In the field of education, the results of this research can be used as literature learning materials at the SMA/SMK education level and refer to the curriculum at the education unit level

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 428 FKIP-IND/2022
Uncontrolled Keywords: Cerpen, Nilai Moral, Pendidikan Karakter
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 20 May 2022 04:44
Last Modified: 27 Jan 2023 05:32
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item
View Item