PENERAPAN METODE EDUTAINMENT BERBASIS ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X 1 SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024

YUNITA, KADE PURWAREGINA (2024) PENERAPAN METODE EDUTAINMENT BERBASIS ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X 1 SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.470.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other

Download (214kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.470.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbicara siswa. Pada
penelitian ini, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1)
mengetahui penerapan metode edutainment berbasis role play untuk
meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas X 1 SMA (SLUA)
Saraswati 1 Denpasar Tahun Ajaran 2023/2024, (2) mengetahui dan
mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode edutainment berbasis role
play untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas X 1 SMA
(SLUA) Saraswati 1 Denpasar, (3) mengetahui respon siswa kelas X 1 SMA
(SLUA) Saraswati 1 Denpasar setelah diimplementasikannya metode edutainment
berbasis role play dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan kuesioner. Data
yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode edutainment berbasis role play
mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X 1 SMA (SLUA)
Saraswati 1 Denpasar. Peningkatan ini dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa
yang meningkat pada setiap siklusnya. Perolehan nilai rata-rata tes awal siswa
yakni 68, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 73,44 setelah penerapan
metode edutainment berbasis role play dengan penggunaan media video dalam
pembelajaran, dan meningkat kembali pada siklus II setelah penerapan metode
edutainment berbasis role play dengan menggunakan siniar atau podcast sebagai
media pembelajaran di kelas dengan nilai rata-rata 79,80. Langkah-langkah
penerapan metode edutainment berbasis role play yang mampu meningkatkan
keterampilan berbicara siswa yaitu (1) orientasi, (2) mengorganisasi, (3)
membimbing penyelidikan, (4) mengembangkan dan menyajikan, (5)
menganalisis dan mengevaluasi. Pengimplementasian metode edutainment
berbasis role play untuk meningkatkan keterampilan berbicara, mendapatkan
respon positif dari siswa yang ditunjukkan dari data hasil kuesioner yakni dari
jumlah siswa yang sangat setuju dan setuju adalah dengan persentase 94,09%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/470/FKIP-INDO/2024
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Edutainment, Role Play
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: bagus dwi
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:16
Last Modified: 22 Feb 2024 04:16
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item
View Item