Hutomo, Kokendo (2023) Dampak Technology Acceptance Model Terhadap Kepuasan Penggunaan Aplikasi Virtual Claim BPJS Kesehatan Dalam Membangun Passion Sebagai Mediasi (Studi Banding di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut Provider BPJS Kesehatan Cabang Denpasar). Masters thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.177.FEB-MM_BAB I-II.pdf - Other
Download (245kB)
![[thumbnail of Full text]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.177.FEB-MM.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan wawasan baru dan mengisi celah dalam penelitian sebelumnya dengan memasukkan passion untuk memediasi perceived usefulness dan perceived ease of use khususnya terhadap penggunaan aplikasi Virtual Claim. Data dikumpulkan dari 42 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut Provider BPJS Kesehatan Cabang Denpasar. Partial least squares structural equation modelling (PLS-SEM) digunakan untuk menganalisis dan menguji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Technology Acceptance Model (TAM) khususnya perceived usefulness dan perceived ease of use telah membangun konsep passion. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan menggunakan skala pengukuran yang sudah ada sebelumnya. Hasilnya menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari passion terhadap kepuasan penggunaan VClaim oleh FKRTL. Temuan lain dari penelitian ini adalah bahwa Passion terbukti mampu memediasi TAM terhadap kepuasan penggunaan aplikasi khususnya VClaim. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah Transformasi Mutu Layanan oleh BPJS Kesehatan dapat memacu passion dari FKRTL dimulai dari passion penggunaan aplikasi hingga passion pelayanan prima kepada peserta JKN. Yang diharapkan berdampak tidak hanya pada kepuasan peserta JKN namun juga pada kepuasan FKRTL mitra.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TAM, Passion, Virtual Claim, VClaim, BPJS Kesehatan |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Kepuasan Pelanggan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 03:09 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 03:09 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5510 |